Artikel Kesehatan dan Kecantikan

Ikan Gabus Sumber Protein Tinggi Dengan Berbagai Khasiat

ikan gabus

Ikan gabus yang banyak dijumpai di sungai, danau, dan rawa-rawa atau tambak, ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Ikan  yang memiliki nama latin channa striata itu, dikenal sebagai air tawar predator ini mempunyai kandungan protein yang tinggi, tidak kalah tinggi dari ikan laut.

Ikan gabus atau ikan kutuk ini memiliki kepala yang berbentuk seperti ular, sehingga diluar negeri biasa disebut dengan nama snike fish.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gizi dan protein hewani yang terkandung pada ikan gabus, sangat bagus untuk pertumbuhan serta proses penyembuhan. Ikan gabus bahkan sangat baik  dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dari penelitian pada pasien di RS Wahidin Sudiro Husodo Makassar, Sulawesi Selatan, dan riset serupa yang dilakukan pada bagian bedah RS Umum Dr. Saiful Anwar Malang, menunjukan hasil positif penggunaan ikan gabus untuk mempercepat proses penyembuhan.

Diungkapkan dalam penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, Guru besar pertama Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya , bahwa ikan gabus memiliki kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan-ikan yang lain, seperti, ikan bandeng, ikan mas, ikan lele, ikan nila, dan lain-lain.

ikan gabus
Sumber gambar: palembang.tribunnews.com

Kadar protein ikan gabus juga tertinggi dibandingkan dengan bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti, telur, daging ayam, maupun daging sapi.

Kandungan Ikan Gabus

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa ikan gabus mempunyai kandungan protein yang tinggi. Yang istimewa dari ikan gabus ini adalah kandungan albuminnya.

Dari beberapa riset diketahui ikan gabus memiliki kandungan protein albumin lebih tinggi 30% dari ikan salmon. Namun ikan Salmon lebih kaya akan omega-3, 6, dan omega-9.

Untuk tiap 100 gramnya ikan gabus memiliki kadar protein sebesar 25,2 gram atau sekitar 25%,  jauh lebih besar dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Jika dibandingkan dengan kadar protein untuk  setiap 100 gram yang terdapat pada telur yang hanya 12,8 gram, pada ayam yang hanya 18,2 gram, dan pada daging sapi hanya 18,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda

Kandungan lainnya yang terkandung dalam ikan gabus adalah omega-3, vitamin A, vitamin B1, zat besi, fosfor, kalsium, zinc (seng), asam amino dan juga air.

Mengenal Albumin Dan Manfaatnya

Albumin merupakan plasma protein dalam darah yang berfungsi untuk mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh hingga menyeimbangkan cairan di dalam tubuh.

Albumin bermanfaat bagi kesehatan siapa saja, baik anak-anak di masa pertumbuhan, maupun bagi ibu hamil sampai proses persalinan, bahkan orang tua.

Albumin juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh. Tanpa albumin sel sel tubuh sulit untuk meregenerasi, sehingga sel tubuh cepat mati dan tidak bisa berkembang. Ketika seseorang mengalami luka atau setelah operasi, biasanya dokter akan menyarankan untuk konsumsi banyak makanan mengandung albumin seperti ikan gabus.

Albumin merupakan protein yang dominan dalam darah yang diproduksi oleh hati. Karena kandungan albumin dalam darah sekitar 60 persen.

Meskipun kebutuhan albumin dalam darah sangat kecil, yakni hanya 3,4 – 5,5 desiliter, tapi peranannya sangat besar. Kekurangan albumin dalam tubuh manusia (hypoalbumin) menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh.

Kekurangan Albumin (Hipoalbuminemia)

Kekurangan albumin dalam tubuh tidak bisa dianggap sepele karena dapat memicu berbagai masalah lain bagi kesehatan.

Gejala hipoalbuminemia antara lain adalah seperti Luka bakar yang sulit sembuh, nafsu makan berkurang, edema, diare, mual, Asites (penumpukan cairan pada rongga perut) , Otot pegal linu,  jantung, penyakit kuning, dan masih banyak lagi yang lain.

Untuk mengobatinya yang dilakukan tentunya harus menyesuaikan dengan kondisi dan penyebabnya. Untuk itu perlu konsultasi ke dokter.

Di samping melakukan pengobatan untuk penyakit utamanya, penggunaan ikan gabus juga bisa dilakukan untuk mengatasi gejala dari rendahnya kadar albumin tersebut.

Manfaat Ikan Gabus

Hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Hasanuddin, Makassar, menyebutkan bahwa dengan pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pasca operasi, dalam waktu 8 hari bisa meningkatkan kadar albumin agar mencapai standar ideal yakni 3,5-5 g/dl.

Albumin diperlukan tubuh manusia, selain untuk menjaga kesehatan, juga untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Berikut beberapa manfaat ikan gabus :

•             Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.

•             Membantu proses penyembuhan penyakit seperti: TBC/Infeksi Paru, Stroke, Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, Hepatitis, HIV, Sepsis, Thalasemia Minor.

•             Mempercepat penyembuhan luka (luka khitan, luka sehabis melahirkan, sehabis operasi, luka bakar dan lainnya.

•             Membantu Menghilangkan pembengkakan/ antioedema pada kaki akibat kekurangan albumin dalam tubuh. (biasanya untuk penderita stroke, TBC, dan kanker sirosis).

•             Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, dan memperbaiki sel organ yang aus (rusak) pada orang tua

•             Pembentukan dan pertumbuhan otot

•             Membangun dan memperbaiki jaringan sel yang mati (termasuk pada luka diabetes melitus, jaringan kullit yang mati.

•             Memperbaiki kekurangan gizi pada Bayi, Anak dan Ibu Hamil.

•             Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

•             Membantu penyembuhan Autis.

•             Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi.

•             Mempercepat penyembuhan Luka luar dalam.

•             Sehat untuk pencernaan

•             Sebagai larutan pengganti pada kondisi defisiensi albumin consolidating.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Bayi

Jika pada masa kehamilan kebutuhan albumin ibunya terpenuhi, maka bayi akan berkembang secara baik selama sembilan bulan di dalam perut. Sebaliknya jika kebutuhan albuminnya tidak terpenuhi, anak akan mengalami kekurangan gizi dan tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal.

Harga Ikan Gabus

Harga ikan gabus tidak terlalu mahal, cukup terjangkau. Dan naik turunnya harga sangat tergantung musim. Ketika stok sedang banyak, harga ikan Gabus bisa Rp 20-Rp 40 ribu per kilogram. Tapi stok sedikit, harga ikan Gabus bisa naik antara Rp 50-Rp 80 ribu per kilogram.

Namun di daerah pertambakan, dulu sebelum banyak orang tahu khasiatnya, ikan gabus banyak yang diberikan pada orang secara Cuma-Cuma. Karena ikan gabus menjadi predator yang memakan ikan-ikan peliharaan di tambak dan tentu merugikan petambak. Karena sumber makanannya berlimpah, yaitu ikan-ikan peliharaan, terkadang ditemukan ikan gabus raksasa yang besarnya seukuran kaki orang dewasa.

Efek Samping Ikan Gabus

Konsumsi ikan Gabus sangat aman, tidak ada risiko alergi atau efek samping lainnya, karena gabus adalah ikan air tawar. Kemungkinan Alergi biasanya hanya terjadi pada konsumsi jenis ikan laut saja.

Boleh dikata tidak ada efek samping sama sekali. Bahkan jika mengkonsumsi albumin secara berlebihan, tidak akan menyebabkan kelebihan albumin (hiper albumin).

Ketika pasokan albumin berlebih, tubuh akan menyimpannya sebagai massa otot (banyak digunakan olahragawan untuk stamina dan pembentuk otot), sehingga orang sehat pun aman mengkonsumsi albumin sebagai suplemen.

Cara Mengonsumsi Ikan Gabus

Ikan gabus bisa dikonsumsi secara langsung atau pun setelah diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul. Manfaat ekstrak ikan gabus juga tidak kalah dengan manfaat ikan gabus ketika dikonsumsi secara langsung.

Cara paling umum untuk mendapatkan manfaat ikan gabus adalah dengan mengonsumsinya langsung. Ikan gabus tersedia dalam bentuk ikan segar dan ikan kering yang bisa Anda olah menjadi berbagai macam jenis masakan sesuai dengan selera Anda.

Cara konsumsi paling umum untuk mendapatkan manfaat ikan gabus adalah dengan memasaknya menjadi berbagai jenis masakan. Namun jika ingin mengkonsumsi tanpa tambahan bahan apapun, biasanya ikan gabus dimasak dengan cara dikukus. Sehingga penderita penyakit tertentu tidak kuatir dengan bahan yang pantang untuk dikonsumsinya. Misalnya jika digoreng tentu harus menggunakan minyak goreng yang menjadi pantangan untuk kondisi tertentu.

Cara tersebut diatas tidak akan menjadi masalah jika ikan gabus mudah didapatkan didaerahnya, misalnya didaerah perkotaan. Jika ikan gabus sulit untuk didapat didaerah tempat tinggal, tentu pengiriman dan penyimpanan bisa menjadi kendala tersendiri.

Selain itu meskipun ikan gabus memiliki rasa yang lezat, tapi tentunya tidak semua orang menyukai ikan yang satu ini. Sebagian orang kesulitan mengonsumsi ikan karena bau amis dari ikan tersebut.

Cara yang paling praktis untuk mendapat manfaat ikan gabus adalah dengan mengkonsumsi ekstrak ikan gabus yang sudah banyak dipasaran. Baik yang berupa minyak, kapsul serbuk ataupun kapsul minyak ikan gabus.

Selain konsumsinya lebih mudah penyimpanannya pun mudah.